Blogroll

Selasa, 19 April 2016

KONSEP SUBNETTING

KONSEP SUBNETTING

     Menurut Romi Satria Wahono, kita dapat menggunakan beberapa ilustrasi dan analogi yang sudah kita kenal disekitar kita untuk menjelaskan mengenai apa itu subnetting. Berikut ini kita akan menggunakan analogi sebuah jalan, Jalan Gatot Subroto terdiri dari beberapa rumah dengan urutan nomor 01-08. Rumah no 08 adalah rumah ketua RT setempat yang bertugas mengumumkan informasi apapun kepada seluruh rumah yang ada di jalan tersebut. 

     Untuk memecah kemacetan yang ada akibat jumlah rumah yang semakin banyak di lingkungan tersebut maka dibuatlah gang-gang baru dan rumah yang masuk ke area gang di berikan no rumah baru, mereka juga memiliki ketua RT di masing-masing gang nya. Konsep seperti itulah yang merupakan konsep subnetting. 
berikut ini adalah gambar dari gang tersebut:
     Selanjutnya, untuk mempermudah pengelolaan contohnya seperti pada sebuah kantor yang ingin membagi kerja nya menjadi 3 divisi, pada masing-masing divisi akan memiliki 15 komputer (host). Maka untuk mengoptimalkan kerja jaringan, karena jalurnya yang tidak terpusat pada satu Network besar, namun terbagi ke dalam gang-gang yang ada. Yang pertama adalah analogi Jl Gatot Subroto yang rumah disekitarnya dapat diterapkan untuk jaringan  seperti NETWORK ADDRESS (nama jalan) dan HOST ADDRESS (nomer rumah). Sedangkan Ketua RT nya diperankan oleh BROADCAST ADDRESS (192.168.1.255), yang bertugas mengirimkan message ke semua host yang ada di network tersebut.
Dan untuk selanjutnya kita terapkan kepada subnetting jaringan, GANG merupakan subnet dan masing-masing subnet memiliki Host Address dan Broadcast Address.

sumber : http://romisatriawahono.net/2006/02/10/memahami-konsep-subnetting-dengan-mudah/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar